Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Hukum · 15 Mar 2023 WIB ·

Wawako Hadiri pemusnahan BB Hasil Kejahatan di Kejari Solok


 Wawako Hadiri pemusnahan BB Hasil Kejahatan di Kejari Solok Perbesar

SOLOK KOTA – Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, menghadiri Eksekusi Pemusnahan Barang Bukti (BB) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok, hasil kejahatan dari akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 yang sudah berkekuatan hukum tetap (Inkrah) seperti sabu, ganja, minuman keras, tangki modifikasi, pakaian tindak pindana pembunuhan dan pencabulan.

Eksekusi Pemusnahan BB tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Kejari Solok, Rabu (15/03/2023), dan dihadiri oleh Bupati Solok Epyardi Asda, Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan, Kepala BNK AKBP Saifuddin Anshori, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Koto Baru Radius Chandra, SH.MH, Wakil ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng serta Ketua DPRD Kabupsten Solok Dodi Hendra.

Pada kesempatan itu, Kepala Kejari Solok Andi Metrawijaya mengatakan bahwa BB yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil putusan yang sudah inkrah dari Pengadilan Negeri Koto Baru dan Pengadilan Negeri Solok, dari akhir tahun 2022 sampai sekarang dan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Ia berharap setelah dilakukan pemusnahan barang bukti tersebut semoga kedepan dengan sinergitas antar lembaga bisa menekan angka kejahatan dan narkoba di Daerah Solok.

“Jenis barang bukti yang dimusnahkan tersebut diantaranya berupa sabu sebanyak 30,26 gram dan seperangkat alat hisapnya, ganja kering sebanyak 1000,44 gram, serta uang palsu sekitar Rp8 juta,” ungkap Andi Metrawijaya.

Pada kesempatan ini, imbuhnya, ada beberapa jenis barang bukti yang akan dimusnahkan dan hampir 80 persen didominasi oleh perkara Narkotika.

Menurutnya, perlu ditingkatkan komitmen bersama untuk memberantas narkoba, sehingga Kabupaten dan Kota Solok kedepannya dapat menekan angka peredaran narkoba menjadi zero, atau bersih dari narkoba.

“BB yang dimusnahkan tersebut merupakan BB yang sudah selesai sidang. Para tersangka juga sudah dipidana penjara sesuai dengan vonis yang dijatuhkan majelis hakim saat sidang berlangsung,” jelasnya.

Jadi barang bukti ini, lanjutnya, sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, sehingga dilakukan eksekusi oleh Kejari Solok yang dilaksanakan oleh Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan

Pihaknya mengakui dengan hasil penyitaan barang bukti narkotika yang cukup besar, itu juga menunjukkan bahwa peredaran narkotika dan obat terlarang di Solok sampai saat ini masih terjadi. Untuk itu, pihaknya berharap dengan temuan kasus kedepan bisa semakin menekan peredaran narkotika, dan obat terlarang terutama di Kota Solok.

Kejari Solok juga siap bersinergi dengan berbagai pihak untuk penegakan hukum, membatasi ruang gerak peredaran narkotika dan obat terlarang terutama di Kota Solok.

Selain dibakar, pemusnahan BB tersebut juga dilakukan dengan cara dihancurkan. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Tak Harus ke Kota Besar, Layanan Jantung Intervensi Non Bedah Sudah Bisa di RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 22:24 WIB

Tingkatkan Yankes Sumbar, Gubernur Mahyeldi Resmikan Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 16:32 WIB

Trending di News