Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 28 Nov 2023 WIB ·

Wawako Buka Pelatihan Peningkatan TRC BPBD Kota Solok


 Wawako Buka Pelatihan Peningkatan TRC BPBD Kota Solok Perbesar

SOLOK KOTA – Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra secara resmi membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Selasa (28/11/2023). Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kota Solok.

Turut Hadir, Kalaksa BPBD Kota Solok Herman, SH, S.sos, Kabid KL BPBD Provinsi Sumbar Fajar Sukma, S.pd serta narasumber pelatihan dari I-DERU Sumbar, Faleri, S.pd.

Dalam sambutannya, Wawako Solok mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada satu alat pun yang dapat mendeteksi kapan akan terjadi bencana, baik itu bencana banjir, gempa bumi, longsor maupun bencana lainnya.

“Oleh karena itu, kesiapsiagaan personil untuk mengantisipasi bencana sangat krusial, agar mereka mampu melakukan tindakan untuk mengurangi risiko ketika terjadi bencana. Kesiapsiagaan personil adalah segala upaya untuk menyiapkan kemampuan personil agar dapat merespon kejadian bencana secara cepat dan tepat,” sebut Ramadhani Kirana Putra.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Kepala (Perka) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 9 Tahun 2008, tentang Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB.

Adapun tugas dan fungsi TRC
adalah untuk melakukan pengkajian secara cepat, dan tepat di lokasi bencana dalam waktu tertentu dalam rangka mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban,
kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta mengidentifikasi kemampuan sumber daya alam, maupun buatan serta memberikan saran yang tepat dalam upaya penanganan bencana.

Wawako Solok berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, dan sungguh-sungguh sehingga mampu menguasai apa yang diajarkan oleh para narasumber
dan instruktur.

Selain itu, Wawako Solok juga menghimbau agar setiap peserta dapat memberikan hati, dan fikirannya untuk mengikuti kegiatan ini karena materi yang dipelajari pada kegiatan ini sangatlah penting, guna mengatasi bencana apabila sewaktu-waktu terjadi.

“Semoga peserta dapat mahir dan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kegiatan ini, apabila BPBD membutuhkan bantuan dari aparatur kebencanaan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Solok,” tutupnya. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News