Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 11 Oct 2023 WIB ·

Penyelesai Masalah, Mantan PNS Pemda Kabupaten Solok Sebut Gusmal Pantas ke DPR RI


 Penyelesai Masalah, Mantan PNS Pemda Kabupaten Solok Sebut Gusmal Pantas ke DPR RI Perbesar

Mantan Bupati Solok dua periode dan Calon Anggota DPR RI 2024, Dr. H. Gusmal, SE, MM Datuak Rajo Lelo 

KABUPATEN SOLOK – Sebuah pengabdian yang didasari keikhlasan dan sungguh-sungguh, tentunya akan berbuah manis seperti layaknya usaha yang takkan dikhianati oleh hasilnya yang sesuai dengan keseriusan dari upaya itu sendiri.

Seperti perjalanan karir mantan Bupati Solok dua periode (2005-2010 dan 2016-2021), Dr. H. Gusmal, SE, MM Datuak Rajo Lelo. Dimana dirinya beranjak dari seorang yang bekerja di Departemen Sosial, yang berkantor di Koto Baru Kabupaten Solok (Gedung Dinas Perhubungan sekarang).

Merasa bertanggung atas kemajuan daerah (Kabupaten Solok), pria kelahiran 22 Juni 1954 itu memulai karier birokratnya dari bawah. Mulai dari staf, Kasi, Kasubag, Kabag, Camat, Kepala Dinas, Kepala Bappeda, hingga puncaknya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok.

Dari perjalanan sekira 20 tahun menjadi birokrat di Kabupaten Solok, Gusmal Datuak Rajo Lelo dikenal sangat dekat dan menjadi kesayangan bagi siapapun, baik bawahan, rekan, atasan, maupun masyarakat.

Terbukti, memilih pensiun di tahun 2005 untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Solok, Gusmal Datuak Rajo Lelo dengan mulus terpilih bersama Wakilnya Desra Ediwan Anantanur. Gusmal-Desra tercatat dalam sejarah sebagai Bupati dan Wabup Solok pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat.

Muslim Alwi, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Solok yang pensiun pada 2006, yang juga pernah satu dinas dengan Gusmal Datuak Rajo Lelo di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Minggu (08/10/2023), pada media ini menyebutkan bahwa Gusmal itu adalah sosok orang yang bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas yang diamanatkan kepadanya.

Dikatakannya, saat itu Gusmal menjadi sebuah fenomena luar biasa di Kabupaten Solok karena kariernya yang melejit di usia sangat muda. Meskipun saat itu, Pemda Kabupaten Solok memiliki pamong-pamong senior sarat pengalaman seperti Rusdi Lubis, Benny Mukhtar, Zul Evi Astar, Sudirman Gani, Surya Dharma Sabirin, Syafril Chatib dan sederet nama-nama beken lainnya. Apalagi, medio 1990-an itu Kabupaten Solok dipimpin oleh dua bupati yang fenomenal yakni Nurmawan dan Gamawan Fauzi.

“Saya termasuk orang beruntung karena pernah mengenal Gusmal. Bahkan pernah menggantikan jabatannya sebagai Kabid Fisik dan Prasarana di Bappeda Kabupaten Solok, yang kemudian menjadi atasan saya saat menjadi Kepala Bappeda,” sebut Muslim Alwi.

Dari awal mengenalnya, lanjutnya, Gusmal adalah pribadi yang santun, energik, komitmen dan selalu tampil sebagai “Problem solver” (Penyelesai masalah) di Pemda Kabupaten Solok. Dalam kesehariannya, Gusmal dikenal sebagai pegawai yang selalu bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Apapun tugas yang dibebankannya, selalu selesai dengan baik. Bibit-bibit kepemimpinan Gusmal sudah terlihat sejak menjadi Staf di Pemda Kabupaten Solok karena Gusmal dikenal sebagai pegawai yang pandai ke bawahan dan ke atasan. Gusmal selalu bisa memimpin tim, dan bisa mengerahkan timnya untuk bekerja dengan semua orang,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, imbuhnya, hubungannya dengan atasan terbina dengan baik karena progress dan kinerja yang diperlihatkan. Selain itu, Gusmal dikenal tak pernah ragu-ragu menyampaikan kendala ke pimpinan, dan selalu mencarikan beragam solusi. Baik yang terkait dengan pekerjaan, hingga masalah pribadi keluarga pegawai.

“Dalam kesehariannya, Gusmal menjadi panutan semua pegawai. Selalu masuk kantor paling awal, selalu mendahulukan pekerjaan prioritas, selalu membagi kerja dengan sangat cermat, dan selalu bisa menjalin koordinasi dengan semua orang. Baik atasan, rekan selevel, bawahan, hingga pegawai rendahan. Singkatnya, Gusmal adalah role model pegawai di Kabupaten Solok saat itu,” paparnya.

Dijelaskan Muslim Alwi, meski kariernya melejit begitu cepat dan tentu ada yang cemburu, namun tak ada perlakuan Gusmal yang bisa menjadi alasan orang untuk membencinya. Justru, kalau ada yang punya masalah, Gusmal selalu dicari, karena dia dikenal sebagai problem solver (Penyelesai masalah). Baik masalah pekerjaan, teman sejawat, keluarga, hingga masalah pribadi.

Muslim Alwi juga menuturkan, saat Gusmal diangkat menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok, tak ada yang berubah dari tampilan pribadi Gusmal. Gusmal menurutnya selalu menyempatkan untuk menyapa, tak pernah cuek, menjaga silaturahmi, dan tak pernah lupa dengan orang yang pernah dikenalnya. Meskipun, saat itu, jabatannya adalah jabatan tertinggi di kepegawaian Pemda Kabupaten Solok.

“Saya hanya segelintir orang yang beruntung pernah bekerja dengan Gusmal, dan setiap pegawai memiliki kesan sendiri-sendiri terhadapnya. Bahkan, dari yang pernah saya dengar pegawai-pegawai rendahan, honorer, hingga cleaning service (Petugas kebersihan) memiliki kesan baik dengannya karena Gusmal selalu menghargai semua orang,” ungkapnya lagi.

Diterangkannya, selain pernah menjabat di berbagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Kabupaten Solok, Sekda dan menjadi Bupati Solok dua periode, menurut Muslim Alwi, Gusmal sebelumnya juga sudah menorehkan peninggalan yang monumental bagi masyarakat Kabupaten Solok.

“Namun tidak begitu banyak yang mengetahui. Diantaranya, perintisan Jalan Pintu Angin antara Guguak dan Lubuk Selasih, jalan-jalan di Alahan Panjang, Jalan dari Sariak Bayang ke Rimbo Data, dan sejumlah program-program lainnya,” jelasnya.

Terkait dengan majunya Gusmal di Pileg DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 14 Februari 2024 mendatang, Muslim Alwi mengaku sangat antusias meskipun secara umur Gusmal tidak lagi muda. Namun menurut Muslim Alwi, secara fisik dan fikiran Gusmal masih sangat kuat.

Menurutnya, hubungan emosional yang terjalin sangat baik dan lama dengan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Solok maupun daerah lainnya, akan menjadi kunci terpilihnya Gusmal menjadi Anggota DPR RI periode 2024-2029.

“Fisik dan fikiran beliau masih sangat mendukung. Kalau beliau sudah memutuskan untuk maju, beliau tak pernah ragu dan tentu sudah melalui pertimbangan yang sangat matang. Bahkan, beliau pernah bermasalah hukum setelah kalah di Pilkada 2010, namun saat maju di Pilkada 2015, beliau kembali terpilih. Artinya, masyarakat tidak percaya beliau bersalah, sehingga akhirnya kembali dipilih masyarakat dengan suara telak. Tentu, hal itu menjadi pengalaman berharga bagi beliau, untuk bekerja hati-hati dan lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

Terkait harapannya ke Gusmal jika terpilih menjadi Anggota DPR RI, Muslim Alwi hanya berharap Gusmal untuk senantiasa lebih memikirkan kepentingan masyarakat. Meningkatkan peran memikirkan Solok dan Sumbar, serta sumbangsih ke daerah.

“Sebagai pensiunan dan orang-orang yang pernah mengenal Gusmal, tentu doa terbaik dan upaya sesuai kemampuan yang bisa kami lakukan untuk Gusmal. Namun, sebagai orang pernah mengenal Gusmal, saya bersaksi bahwa beliau adalah orang baik. Gusmal sudah berulang kali membuktikan kapsitasnya sehingga beliau layak terpilih,” pungkasnya. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 190 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News