Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Parlemen · 21 Sep 2022 WIB ·

Penjelasan Nota Keuangan APBD Perubahan Kota Solok TA 2022 Tuai Keritikan Fraksi Golkar


 Penjelasan Nota Keuangan APBD Perubahan Kota Solok TA 2022 Tuai Keritikan Fraksi Golkar Perbesar

SOLOK KOTA – Penjelasan Nota Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Solok Tahun Anggaran (TA) 2022, yang telah disampaikan oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar, menuai beberapa kritikan dan saran dari Fraksi Golkar DPRD setempat.

Kritikan dan saran itu disampaikan oleh juru bicara Fraksi Golkar, Andi Marianto, ST dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Solok, Rabu 21/09/2022, di Ruang Sidang DPRD kota Solok.

Diantara kritikan dan saran yang harus menjadi catatan oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar adalah terkait dengan realisasi semester satu (I) per 31 Juni. Dalam hal itu, Fraksi Golkar menegaskan agar Walikota Solok memerintahkan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mempercepat realisasi belanja masing-masing OPD.

“Penegasan lain adalah terkait dengan pembangunan, agar pembangunan dapat terencana dan terukur hingga tidak meninggalkan kesan terjadinya praktek tambal sulam,” kata Andi Marianto.

Fraksi Golkar juga meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Solok untuk mempercepat penyelesaian dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Disela kesempatan itu, Andi Marianto juga menjelaskan bahwa APBD mengandung peran penting dan strategis, untuk mendukung aktivitas pemerintahan dalam menjalankan fungsinya dalam menunjang pelayanan publik. APBD merupakan instrumen teknis dari idealisme pembangunan yang harus diwujudkan oleh Pemda Kota Solok.

“Oleh karena itu, dalam penyusunan dan pembahasan Rancangan APBD harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip, efektifitas, ekonomis, dan tepat sasaran, dan yang lebih penting lagi bahwa Rancangan Perubahan APBD harus mencerminkan respon pemerintah terhadap kebutuhan-kebutuhan urusan wajib pemerintah, dan masyarakat yang menjadi skala prioritas,” sebutnya.

Sidang Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD kota Solok, Nurnisma dan Dibantu oleh Wakil Ketua Efriyon Coneng dan Bayu Kharisma, dan dihadiri oleh seluruh anggota legislatif setempat.

Hadir pada kegiatan itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar, dan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Sektretaris Daerah Syaiful, Berserta seluruh kepala OPD yang ada di lingkup Pemerintah Kota Solok. (NI)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dinilai Mampu Pimpin Kabupaten Solok, Dukungan untuk Ahmad Rius Terus Mengalir

12 April 2024 - 19:55 WIB

Walikota bersama Wawako Solok Ikuti Shalat Idul Fitri 1445 H/2024 di Mesjid Agung

10 April 2024 - 19:26 WIB

Volume Sampah di Kota Solok Meningkat 50 Persen Jelang Idul Fitri 1445 H

9 April 2024 - 19:27 WIB

Ahmad Rius : Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

9 April 2024 - 12:49 WIB

Dihari Jadi ke 57, Ahmad Rius Nyatakan Siap Ikut Serta di Pilkada Kabupaten Solok 2024

5 April 2024 - 05:31 WIB

Pemko Solok Berikan Penghargaan Rp480 Juta pada Kader IMP dan Tribina

4 April 2024 - 21:58 WIB

Trending di News