Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 12 May 2023 WIB ·

Berturut-turut, Kota Solok Kembali Raih Opini WTP Ketujuh


 Berturut-turut, Kota Solok Kembali Raih Opini WTP Ketujuh Perbesar

SOLOK KOTA – Kota Solok kembali berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ketujuh kalinya secara berturut-turut. Hal itu diketahui saat Walikota Solok, Zul Elfian Umar bersama Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Solok Tahun 2022 dari Kepala Badan Pemerika Kuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Barat Sumbar, Arif Agus di Aula BPK RI Perwakilan Sumbar, Jumat (12/05/2023).

Penyerahan LHP atas LKPD tersebut dilakukan bersamaan dengan Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Kepulauan Mentawai serta Kabupaten Agam.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A, Sekretaris Dewan DPRD Kota Solok Zulfahmi, Inspektur Kota Solok Kenfilka, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Solok Novirna Hendayani, dan Kakan Kesbangpol Kota Solok Eni Suryani.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Arif Agus mengucapkan selamat kepada ketujuh daerah yang menerima LHP, serta mendapatkan Opini WTP. Dikatakannya, dengan penyerahan LHP ini maka selesai juga tugas institusi kami dalam tahun ini terhadap 7 daerah tersebut.

Arif Agus mengingatkan, yang paling penting dari Opini WTP ini adalah tindak lanjut hasil pemeriksaan karena itu merupakan tolak ukur. Sebagus apapun LHP harus dibarengi dengan tindak lanjut hasil pemeriksaan, sesuai dengan UU Nomor 15 Tahun 2004 Pasal 20.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD di tujuh daerah tersebut, sehingga tugas BPK RI dapat berjalan dengan baik. “Semoga kedepan pengelolaan keuangan akan menjadi semakin baik,” tutupnya.

Ketua DPRD Kota Solok, Nurnisma dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas arahan, bimbingan serta bantuan dari BPK RI Perwakilan Sumbar sehingga ketujuh daerah yang menerima LHP atas LKPD hari ini berhasil meraih Opini WTP.

“Tanpa adanya arahan, bimbingan serta bantuan dari BPK rasanya mustahil pengelolaan keuangan disetiap daerah akan berjalan baik dan maksimal. Untuk itu, kami sepakat akan memperbaiki apa saja temuan tahun lalu, dan insya Allah tidak akan ditemui lagi pada LKPD Tahun 2023,” sebutnya.

Walikota Solok, Zul Elfian Umar usai menerima LHP itu juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran aparatur di lingkungan Pemko Solok, yang telah bekerja keras guna mewujudkan pemerintahan yang bersih.

“Tanpa adanya sinergitas dan kerjasama yang tercipta dengan baik antar seluruh aparatur pemerintahan yang ada di lingkungan Pemko Solok, keberhasilan Pemko Solok dalam meraih WTP jelas sulit akan terwujud,” ucapnya.

Komitmen, imbuhnya, dan kerja keras seluruh jajaran Pemko Solok dalam memastikan pelaksanaan APBD benar-benar sesuai perundang- undangan dan akuntabel, bisa jadi menjadi pendorong hasil yang diraih.

“Memang tidak mudah, karena standard akuntansi yang harus dan menjadi pedoman semakin berat,” pungkasnya. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Walikota dan Wawako Solok Hadiri Tabligh Akbar Nada Dakwah Bersama Ustad Derry Sulaiman

23 February 2024 - 04:46 WIB

Diduga Terlibat Politik Praktis, Baznas Kota Solok Ditantang Transparan ke Publik

22 February 2024 - 06:49 WIB

Kembali Diamanatkan, Amrinof Dias Datuak Ula Gadang Dianggap Pantas Jabat Pimpinan DPRD Kota Solok

21 February 2024 - 07:48 WIB

Walikota Solok Buka Rakor TP PKK Tahun 2024

20 February 2024 - 19:45 WIB

Pemko Solok Pastikan Donasi untuk Palestina Segera Disalurkan

20 February 2024 - 13:39 WIB

Walikota Ajak Warga Kota Solok untuk Gunakan Hak Pilih ke TPS 14 Februari 2024

13 February 2024 - 21:27 WIB

Trending di News