Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 23 Jan 2024 WIB ·

472 Satlinmas PAM TPS Pemilu 2024 Kota Solok Diserahterimakan


 472 Satlinmas PAM TPS Pemilu 2024 Kota Solok Diserahterimakan Perbesar

SOLOK KOTA – Walikota Solok Zul Elfian Umar menandatangani berita acara Serah Terima Satlinmas PAM TPS Pemilu 2024 di Kota Solok bersama Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni, Selasa (23/01/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gor Alimin Sinapa, Tanjung Paku Kota Solok.

Turut hadir, Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadillan, Ketua Bawaslu Kota Solok, Kasatpol PP Kota Solok, OPD Terkait, camat, lurah se-Kota Solok serta 472 orang Satlinmas untuk menjaga 236 TPS di Kota Solok.

Dalam arahannya, Walikota Solok menyampaikan sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat, salah satu tugas hak dan kewajiban adalah membantu penanganan ketentraman dan ketertiban umum dan keamanan dalam Penyelenggaraan Pemilu.

“Pada hakikatnya Satlinmas ini adalah Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk diangkat, dan secara suka dan rela turut serta dalam kegiatan Perlindungan Masyarakat, kapan saja sebagaimana sudah di atur dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020, terlebih lagi bersifat sosial sehingga tanpa disadari Satlinmas ini sudah menciptakan tabungan akhirat yang mudah-mudahan dicatat oleh Allah SWT sebagai amal ibadah,” kata Zul Elfian Umar.

Dikatakannya, pelaksanaan sosialisasi dan serah terima Satlinmas pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang kita laksanakan hari ini, bukanlah hal yang baru karena Satlinmas ini sebelumnya bernama Hansip yang sudah ada sejak Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tugasnya adalah sebagai pelindung dan pengaman bagi warga negara ini dari ruang lingkup paling terkecil, yaitu RT dan RW yang berada di kelurahan,” jelasnya.

Untuk itu, imbuhnya, sangat perlu sekali kiranya Satlinmas dibekali dengan pengetahuan dalam melaksanakan tugas terutama dalam Pengamanan TPS pada Pemilu.

Disampaikannya, anggota Satlinmas akan terjun langsung di lapangan, pada akhirnya dapat menciptakan rasa aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat terutama Pengaman TPS Pemilu.

“Perlu perhatian oleh Satlinmas pada saat Pemungutan suara di TPS yaitu selalu menjaga Keamanan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara. Kami berharap Satlinmas berperan aktif membantu penangganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kota Solok,” tutupnya. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Tak Harus ke Kota Besar, Layanan Jantung Intervensi Non Bedah Sudah Bisa di RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 22:24 WIB

Tingkatkan Yankes Sumbar, Gubernur Mahyeldi Resmikan Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 16:32 WIB

Trending di News