Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 6 Dec 2023 WIB ·

Bawaslu Gelar Rapat Bersama Panwascam se Kabupaten Solok


 Bawaslu Gelar Rapat Bersama Panwascam se Kabupaten Solok Perbesar

KABUPATEN SOLOK – Dalam rangka Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Masa Kampanye, sekaligus menyukseskan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok menggelar rapat bersama Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Solok.

Rapat tersebut dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Solok, Simpang Pulai Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, Rabu (06/12/2023).

Selain itu, rapat tersebut juga menjadi kewajiban Bawaslu Kabupaten Solok dalam pemenuhan informasi kepada masyarakat, sekaligus sebagai bukti transparansi dan akuntabilitas “Output” kerja lembaga sebagaimana yang diamanatkan undang-undang.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Titony Tanjung, S.Pd menyampaikan bahwa kerja-kerja kehumasan kita sejatinya telah diapresiasi oleh Bawaslu Republik Indonesia (RI) melalui beragam penganugerahan.

“Kehumasan juga sangat berkorelasi dengan kewajiban keterbukaan informasi, yang kini output-nya diapresiasi melalui penganugerahan keterbukaan informasi dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), bahkan hingga KI pusat,” kata Titony Tanjung.

Artinya, dilanjutkan Titony Tanjung, dengan adanya relevansi ini harus kita jaga agar output yang dihasilkan bisa sama-sama menunjukan hasil yang baik.

Dikatakannya, walaupun Bawaslu di semua tingkatan sedang fokus melakukan pengawasan kampanye para peserta Pemilu, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Sengketa Panwascam se-Kabupaten Solok diharapkan tetap memperhatikan publikasi kehumasan mengenai informasi Pemilu, dan kerja pengawasan.

“Dalam kontek kerja kelembagaan, menyangkut tahapan pengawasan masa kampanye, kita juga perlu memperhatikan publikasi dan dokumentasi mengenai kerja-kerja pengawasan kampanye, dengan memperhatikan etika dan netralitas lembaga,” ingatnya.

Jangan sampai, imbuhnya, publikasi yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Solok mengindikasikan keberpihakan terhadap salah satu peserta.

Sementara itu, Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Bawaslu Kabupaten Solok Haferizon, SH, I menyampaikan bahwa agenda hari ini merupakan agenda evaluasi sekaligus menentukan arah kebijakan kehumasan kedepannya.

“Kita berkumpul di forum ini untuk melakukan evaluasi program kehumasan, sebagai jembatan informasi antara lembaga dengan masyarakat,” jelas Haferizon.

Disebutkannya, lembaga kita wajib untuk melakukan pemenuhan informasi dan pengetahuan Pemilu kepada masyarakat, dalam kerangka tatalaksana pengelolaan kehumasan.

Pasca penganugerahan kehumasan dari Bawaslu RI sebelumnya, Haferizon menyampaikan bahwa hal itu mencerminkan prestasi Bawaslu Kabupaten Solok sudah cukup mumpuni. Tinggal bagaimana pesan tersebut dikemas semenarik mungkin agar pesan edukatif dapat tersampaikan dengan baik.

“Berikan kabar baik kepada masyarakat sekaligus warning, bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 harus tertib dan taat pada aturan. Kehumasan merupakan wajah lembaga, baik buruknya lembaga tergantung bagaimana cara mencitrakannya,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, ide kreatif kita harus terealisasi menjadi produk kehumasan yang menarik dan layak dikonsumsi publik. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News