Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 26 Sep 2022 WIB ·

Hari Tanpa Bayangan, Wagub Sumbar Hadiri Perayaan Titik Kulminasi Matahari di Pasaman Equator Festival


 Hari Tanpa Bayangan, Wagub Sumbar Hadiri Perayaan Titik Kulminasi Matahari di Pasaman Equator Festival Perbesar

PASAMAN – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, menghadiri Perayaan Titik Kulminasi Matahari yang menjadi puncak penyelenggaraan Pasaman Equator Festival 2022, di Museum Imam Bonjol Pasaman, Jumat (23/09/2022).

Festival yang sudah dimulai sejak Selasa (20/9/2022) ini, dimeriahkan dengan wisata edukasi, pentas seni, dan bazar UMKM hingga Sabtu (24/9/2022). Puncaknya pada kamis siang, matahari menyentuh titik kulminasi, dimana bayangan akan berada tegak lurus sehingga seolah-olah tanpa bayangan.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan bahwa keunikan geografis Pasaman yang dilalui garis Khatulistiwa atau Equator ini, merupakan potensi daya tarik bagi Pasaman sebagai daerah tujuan wisata baru.

“Sebagai daerah yang memiliki daya tarik pariwisata yang unik ini, sudah semestinya kepariwisataan menjadi hal yang penting di Pasaman. Oleh sebab itu, diperlukan pengembangan kepariwisataan yang berkelanjutan serta branding yang baik,” ucap Audy Joinaldy.

Lebih lanjut Wagub Sumbar mengatakan, melalui upaya promosi dan pengembangan pariwisata berkelanjutan, dia optimis Pasaman bisa bersaing dengan daerah lainnya baik di tingkat provinsi, nasional maupun mancanegara.

Masih dalam rangka mendukung pemulihan pariwisata, Wagub juga menyampaikan pada tanggal 1 Oktober 2022 nanti, entry point Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akan dibuka kembali dengan rute penerbangan pertama Kuala Lumpur–Padang dan Padang–Kuala Lumpur.

“Hal ini tentu merupakan langkah awal yang baik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan Perayaan Titik Kulminasi Matahari ini mampu meningkatkan daya tarik kepariwisataan Kabupaten Pasaman. Kedepannya, tentunya akan semakin banyak menggelar iven-iven berkualitas yang diselenggarakan di tanah kelahiran Tuanku Imam Bonjol itu.

“Festival Kulminasi Matahari yang dirayakan dua kali dalam setahun ini sudah absen selama pandemi. Setelah hadir kembali festival ini, akan menjadi momen pemulihan ekonomi bagi Pasaman terutama dalam sektor pariwisata,” pungkasnya. (AP)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Tak Harus ke Kota Besar, Layanan Jantung Intervensi Non Bedah Sudah Bisa di RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 22:24 WIB

Tingkatkan Yankes Sumbar, Gubernur Mahyeldi Resmikan Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 16:32 WIB

Trending di News