Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 17 Nov 2022 WIB ·

Disepakati, Pemprov Sumbar Minta 101 Karyawan Aqua Diperkerjakan Kembali


 Disepakati, Pemprov Sumbar Minta 101 Karyawan Aqua Diperkerjakan Kembali Perbesar

Kadisnakertrans Sumbar Nizam Ul Muluk

SUMBAR – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Sumatra Barat (Sumbar), Nizam Ul Muluk membeberkan persoalan PT Tirta Investama Aqua Solok adalah persoalan intern antara pihak serikat pekerja, dengan pihak manajemen dalam hal hubungan industrial yakni terkait 101 karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan hubungan industrial itu adalah otonomi kabupaten/kota, sedangkan urusan provinsi adalah pengawasan ketenagakerjaan.

“Jadi di Aqua itu ada lembaga kerjasama Bipartit, maka berundinglah pihak serikat pekerja dengan manajemen Aqua sampai 3 kali perundingan tentang upah lembur. Ternyata upah lembur ini tidak dibayarkan dari 2016 sampai 2022,” kata Nizam Ul Muluk.

Oleh pihak manajemen disepakati lembur ini akan dibayarkan 2 jam saja, lanjutnya, sedangkan lembur mereka terhitung 3 jam, inilah yg menjadi bahan perdebatan. bagi pihak serikat pekerja 1 jam istirahat itu juga dihitung sebagai jam lembur. Namun pihak manajemen tidak sependapat demikian.

“Masalah perselisihan jam kerja lembur telah selesai, dan sudah ditanda tangani. Namun kasus PHK ini malah dinaikkan ke Kementerian dan diselesaikan secara hukum, karena Aqua punya 39 pabrik dan secara area lintas provinsi mereka merugi,” sebutnya.

Ia meminta Bernas menerima kembali 101 pekerja dan mencabut kasus PHK ini di Kementerian.

“Jadi perjanjian bersama sudah ditandatangani, dan sebenarkan kedua profil ini Gubernur dan Epyardi Asda ini secara personal tidak ada persoalan namun digoreng beritanya jadi seperti ini.” ujar Nizam mengakhiri pembicaraan.

Sumber: Tribunsumbar.com

Artikel ini telah dibaca 139 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News