Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 10 Sep 2023 WIB ·

Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra Buka Prosesi Mangulifah Guru Silek


 Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra Buka Prosesi Mangulifah Guru Silek Perbesar

SOLOK KOTA – Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, secara Resmi Membuka prosesi Mangulifah Guru Silek yang bertempat di Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Sikarah Kota Solok, Sabtu malam (09/09/2023).

Turut hadir dalam Kegiatan,Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Sumbar, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Daswippetra, Kasat Binmas Polres Solok Kota, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua KAN Lubuk Sikarah Kota Solok, Kepala Dinas Pariwisatanya Kota Solok,tuo Silek, guru dan anggota sasaran silek dari Kota Solok dan sekitarnya

Tuo Silek Kota Solok sekaligus Anggota DPRD Sumbar, Daswippetra Datuak Manjinjiang Alam pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah upaya untuk melestarikan tradisi Silek Tuo, khususnya di Kota Solok.

“Mangulipah merupakan prosesi dimana guru tuo di sasaran memberikan kepercayaan, dan melimpahkan kepada anggota perguruan yang dianggap cakap dan mampu secara lahir dan batin untuk menjadi guru. Sehingga nantinya sasaran-saran silek di Kota Solok tetap terus tumbuh dan berkembang,” ucap Daswippetra Datuak Manjinjiang Alam.

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Budaya Sumbar Supriyadi juga menyampaikan bahwa kegiatan itu, merupakan kegiatan yang difasilitasi pelaksanaannya oleh Dinas Kebudayaan Sumbar yang diselenggarakan di Kota Solok.

“Kegiatan Mangulipah adalah rangkaian event Gelanggang Silek Tuo Pusako Lamo, yang dilaksanakan mulai tanggal 09-11 September 2023 di Kota Solok. Dalam kegiatan ini juga diadakan Focus Grup Discussion (FGD), Pelatihan Juri Silek, serta Festival Silek yang diikuti 40 sasaran dalam dan luar Kota Solok,” jelas Supriyadi.

Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwista Sumbar, yang telah mempercayakan Kota Solok sebagai tuan rumah kegiatan Mangulifah Guru Silek Tuo Pusako Lamo.

Wawako Solok juga mengakui aliran silek tuo memegang peran penting untuk membina generasi muda, untuk lebih percaya diri sekaligus memasyarakatkan silek di Ranah Minang.

“Kami atas nama Pemerintah Kota (Pemko) akan selalu hadir memberikan pelayanan, dan memfasilitasi setiap gelaran kemasyarakatan yang sangat bermanfaat ini,” sebut Ramadhani Kirana Putra.

Selain itu, imbuhnya, di Kota Solok juga akan dilaksanakan Festival Silek pada tanggal 09-11 September 2023 di Kantor KAN Nagari Solok dan Taman Istiqlal, dalam rangka memeriahkan kegiatan Rang Solok Baralek Gadang, yang termasuk pada Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Kepada guru-guru di seluruh sasaran silek tuo, kami ucapkan terima kasih karena telah membantu pemerintah, terutama sekali dalam menanamkan nilai budaya kepada generasi penerus bangsa. Seperti pepatah Minangkabau mengatakan, ‘di Lahie mancari kawan, di batin mancari tuhan’,” ucapnya.

Dikatakannya, semoga kegiatan yang penuh arti ini dapat berjalan lancar, sehingga tercapai maksud dan tujuannya.

Prosesi Mangulipah dipimpin oleh Pitunggua Alek Pembina Adat dan Syara’ Nurmatias Datuak Rajo Dipadang, dan diikuti oleh 8 sasaran di Kota Solok yang disaksikan oleh Tuo Silek, dan guru-guru silek yang dan diakhiri dengan makan bersama. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News