Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 20 Nov 2023 WIB ·

Walikota Solok Hadiri Peresmian dan MoU Program Restorative Justice Plus Rajo Labiah


 Walikota Solok Hadiri Peresmian dan MoU Program Restorative Justice Plus Rajo Labiah Perbesar

PADANG – Walikota Solok Zul Elfian Umar, menghadiri kegiatan Peresmian dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Program Restorative Justice Plus (Rajo Labiah), atau Memorandum of Understanding (MoU) di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (20/11/2023).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar, Asnawi bersama dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi, kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Padang, Baznas Provinsi Sumbar dan LKAAM Provinsi Sumbar.

Hadir pada kesempatan itu, kepala daerah se-Sumbar, Kajari se-Sumbar serta undangan lainnya.

Kepala Kejati Sumbar, Asnawi pada kesempatan itu mengatakan, Rajo Labiah ini merupakan suatu kemajuan dari produk hukum yang ada di Indonesia. Masalah tindak pidana ringan jika memenuhi syarat bisa diselesaikan dengan Restorative Justice Plus (RJ Plus) atau dikenal dengan Rajo Labiah.

“Permohonan RJ diputuskan langsung oleh Kejaksaan Agung. Ada beberapa hal yang bisa di selesaikan perkara RJ. Kedepan, setiap kabupaten/kota di Sumatera Barat diharapkan bersama-sama melakukan RJ serta menambah kecepatan penyelesaian perkara,” sebut Asnawi.

Sampai saat ini, imbuhnya, Kajati Sumbar telah menyelesaikan sebanyak 115 perkara RJ. Semoga program ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah setempat, serta memberdayakan masyarakat yang terpaksa melakukan tindakan kriminal serta ujungnya nanti Lapas tidak lagi over kapasitas.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Kejati Sumbar beserta jajaran, yang telah meluncurkan Rajo Labiah tersebut. Dimana hal itu akan terasa manfaatnya sampai lapisan terbawah yang ada di masyarakat Sumbar, juga nantinya dapat memperkuat sendi-sendi kehidupan masyarakat Minangkabau.

“Setelah kita MoU sekarang, harus segera diperkuat dan dilakukan sosialisasi secara maksimal di kabupaten dan kota, sehingga nilai plus dari Rajo Labiah ini benar-benar terasa,” ajak Mahyeldi.

Dikatakannya, Rajo Labiah sudah mencakup semua, menggandeng Pemprov, BPVP, Baznas beserta LKAAM Sumbar. Dengan kebersamaan ini kita yakin akan dapat mengurangi angka kriminal.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan Rajo Labiah ini. Kedepan agar kita tetap bersama untuk selalu menjaga semangat kolaborasi sekaligus menyukseskan Rajo Labiah ini,” tutupnya. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News