Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 25 Feb 2023 WIB ·

Walikota Solok Hadiri Malam Puncak Apresiasi Genre 2023


 Walikota Solok Hadiri Malam Puncak Apresiasi Genre 2023 Perbesar

SOLOK KOTA – Walikota Solok Zul Elfian Umar menghadiri kegiatan Malam Puncak Apresiasi Generasi Berencana (GenRe) Kota Solok Tahun 2023, di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Sabtu (25/2/23).

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Solok, Nurnisma, Forkopimda, Bunda GenRe Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, Ardinal, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, serta undangan lainnya. Adapun Finalis Duta GenRe Kota Solok sebanyak 21 orang, terdiri dari 11 Putra dan 10 Putri.

Dalam sambutannya, Walikota Solok mengatakan bahwa permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), berdasarkan jumlah penduduk Kota Solok pada Tahun 2022 menunjukkan bahwa jumlah remaja pada usia 10-24 tahun telah mencapai sekitar 18.455 jiwa atau sekitar 27.58 persen, dari total jumlah di Kota Solok. Ini berarti I diantara 4 penduduk adalah remaja.

Perkembangan globalisasi dunia menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya. Permasalahan remaja yang timbul pada umumnya berkaitan dengan masalah seksualitas (hamil diluar nikah dan aborsi), AIDS, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA) dan sebagainya.

“Maka dari itu, remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, dan pentingnya menata masa depan,” kata Zul Elfian Umar.

Dikatakannya, kegiatan Apresiasi Genre berupa Pemilihan Duta Generasi Berencana atau Duta GenRe, dan Apresiasi PIK R/M adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Solok untuk mencetak remaja remaja yang memahami tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“Semoga setelah pelaksanaan kegiatan Apresiasi GenRe ini, akan muncul generasi muda yang mampu merencanakan masa depan dalam meningkatkan keterampilan remaja. Pemilihan dan pemberian penghargaan Duta GenRe ini tidak semata-mata memilih pemenang saja, namun yang lebih penting adalah menjadikan yang terbaik di wilayahnya, dan menjadi motivator di kalangan remaja dalam mempersiapkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,” harapnya.

Disamping itu, lanjutnya, Duta GenRe yang akan terpilih nantinya akan menjadi Duta Stunting bagi teman sebayanya. Karena stunting merupakan program prioritas nasional yang harus segera dituntaskan bersama-sama.

“Duta GenRe diharapkan bisa memberikan sosialisasi pentingnya menjadi remaja yang sehat. Karena remaja khususnya perempuan banyak yang mengalami penyakit anemia, atau kekurangan sel darah merah,” sebutnya.

Disebutkannya, para remaja perempuan yang kelak menjadi seorang ibu dengan penyakit anemia dapat meniru anak lahir dalam kondisi stunting. Oleh karena itu, penanganan stunting harus dimulai dari hulu yaitu dari para remajanya.

Sebelumnya, Kepala perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati mengucapkan terima kasih kepada Pemko Solok yang telah memfasilitasi kegiatan ini. BKKBN telah berupaya melakukan program pengembangan bagi generasi berencana.

“Pemilihan Duta GenRe berjenjang dan diharapkan dapat menjadi figur terampil, berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Presiden Jokowi telah meluncurkan program penurunan stunting. 2024 ditargetkan angka prevalensi stunting di angka 14 persen. Berdasarkan data SSGI, Prevalensi stunting Sumatera Barat sebesar 25,2 persen.

Diungkapkannya, untuk Kota Solok telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 18,1 persen. Semoga kedepan kita bisa menurunkan prevalensi stunting dibawah rata-rata angka target nasional.

“Setelah melalui berbagai penilaian oleh para dewan juri, dijaring seluruh peserta menjadi 5 pasang yang akan menjadi terbaik. Akhirnya, terpilih sebagai juara 1 Duta GenRe Kota Solok yakni Imam Wahyudi dan Michelin Aszani. Juara 2, Daffa Septiananda dan Berrin Putri Juenda serta juara 3, Andira Pratama dan Revani Agustun,” paparnya.

Selanjutnya, imbuhnya, Juara 4 Bintang Veraldi dan Annisa Maharani serta juara 5, Hamda Yusya dan Givani Farahya

Pada kesempatan itu, juga diserahkan hadiah pemenang PIK R Terbaik Kota Solok Tahun 2023, serta Pembina PIK R Terbaik Kota Solok Tahun 2023. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Walikota dan Wawako Solok Hadiri Tabligh Akbar Nada Dakwah Bersama Ustad Derry Sulaiman

23 February 2024 - 04:46 WIB

Diduga Terlibat Politik Praktis, Baznas Kota Solok Ditantang Transparan ke Publik

22 February 2024 - 06:49 WIB

Kembali Diamanatkan, Amrinof Dias Datuak Ula Gadang Dianggap Pantas Jabat Pimpinan DPRD Kota Solok

21 February 2024 - 07:48 WIB

Walikota Solok Buka Rakor TP PKK Tahun 2024

20 February 2024 - 19:45 WIB

Pemko Solok Pastikan Donasi untuk Palestina Segera Disalurkan

20 February 2024 - 13:39 WIB

Walikota Ajak Warga Kota Solok untuk Gunakan Hak Pilih ke TPS 14 Februari 2024

13 February 2024 - 21:27 WIB

Trending di News