Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 17 Mar 2023 WIB ·

Sambut Ramadhan 1444 H, Walikota Solok Hadiri Acara Syukuran Masjid Nurus Sakinah


 Sambut Ramadhan 1444 H, Walikota Solok Hadiri Acara Syukuran Masjid Nurus Sakinah Perbesar

SOLOK KOTA – Walikota Solok Zul Elfian Umar menghadiri acara Syukuran di Masjid Masjid Nurus Sakinah, Kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Jumat (17/03/2023). Kegiatan tersebut dilakukan oleh warga setempat, sebagai bentuk bersyukur pada Allah SWT, atas telah selesainya dibangun Masjid Nurus Sakinah.

Tampak hadir, Forkopimda Kota Solok, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Solok, pengurus masjid, jamaah Masjid serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Walikota Solok Zul Elfian Umar mengucapkan selamat kepada jamaah Masjid Nurus Sakinah, yang saat ini telah memiliki gedung masjid yang bagus dan megah. Kedepan, tugas jamaahlah dalam merawat, menjaga serta memakmurkan masjid itu.

“Fungsi masjid bukan sekedar sholat lima waktu saja, namun banyak kegiatan syiar Islam yang bisa dilakukan, menyelesaikan permasalahan umat, serta lain sebagainya,” kata Zul Elfian Umar.

Zul Elfian Umar juga mendorong pengurus dan masyarakat sekitar Masjid Nurus Sakinah tersebut, untuk mulai menjalankan Baitul Mal Wat Tamwil, yang merupakan salah satu program Pemko Solok.

“Baitul mal wat tamwil (BMT) merupakan satu organisasi usaha yang bersifat mandiri, yang memiliki kegiatan untuk mengembangkan berbagai kegiatan usaha yang bersifat produktif, dengan maksud untuk meningkatkan kualitas dari kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh para masyarakat kecil, dan juga para pengusaha kecil,” jelasnya.

Disampaikannya, kegiatan yang sering dilakukan oleh BMT adalah mendorong, agar masyarakat menabung di BMT serta juga membiayai kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh anggota.

“Selain kegiatan tersebut, BMT juga dapat menerima dana-dana untuk keperluan zakat, infak dan sedekah dan lalu menyalurkan kepada pihak-pihak yang memerlukannya sesuai aturan yang ada. Sebagai satu lembaga keuangan syariah, BMT merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki sifat yang lebih informal,” terangnya.

Diungkapkannya, berbeda dengan entitas syariah lainnya yang lebih formal, seperti bank syariah dan juga entitas pasar modal syariah. BMT sendiri sebenarnya merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Berdiri pada masa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam dan para Khulafaur Rasyidin.

“Selain fungsinya sebagai lembaga keuangan, BMT juga bisa berfungsi sebagai lembaga ekonomi. Hal ini dikarenakan salah satu tugas yang dilakukan oleh BMT adalah melakukan penghimpunan dana dari anggotanya, serta juga menyalurkan dana tersebut kepada para masyarakat, yang menjadi anggota BMT. BMT juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan di bidang ekonomi, perdagangan industry dan juga pertanian,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Solok bersama tamu undangan lainnya beserta masyarakat setempat, melakukan makan siang bersama sebagai ucapan rasa syukur sekaligus silaturrahmi dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Tak Harus ke Kota Besar, Layanan Jantung Intervensi Non Bedah Sudah Bisa di RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 22:24 WIB

Tingkatkan Yankes Sumbar, Gubernur Mahyeldi Resmikan Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 16:32 WIB

Trending di News