Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Pendidikan · 26 Dec 2023 WIB ·

Perkembangan Perasaan Cinta di Anime Kimi No Nawa (君のは)


 Perkembangan Perasaan Cinta di Anime Kimi No Nawa (君のは) Perbesar

Oleh: Rafli Sulthani Bertran

Sastra Jepang Universitas Andalas (Unand)

Cinta merupakan perasaan yang timbul di hati manusia yang sering kali melibatkan perhatian, kepedulian, kasih sayang dan keinginan untuk tetap bersama dengan orang yang kita sayangi.

Cinta dapat tumbuh karna interaksi yang kita lakukan dengan orang lain. Tetapi bagaimana di dalam Kimi No Nawa cinta dapat tumbuh karena pertukaran tubuh antara dua tokoh, yakni Taki dan Mitsuha.

Cinta dapat tumbuh antara kedua tokoh ini meskipun mereka belum berinteraksi secara nyata, namun hanya karena pertukaran tubuh. Latar waktu dan tempat yang berbeda mereka Cuma bisa berinteraksi menggunakan memo dan catatan.

Kisah cinta mulai tumbuh diantara kedua karakter tersebut karena mereka berinteraksi melalui pertukaran tubuh. Cinta bisa tumbuh diantara dua tokoh yang memiliki latar waktu, dan tempat yang berbeda.

Berbagai rintangan dan tantangan dihadapi oleh kedua tokoh tersebut untuk menjadi terhubung satu sama lain. Perkembangan kisah cinta antara kedua tokoh ini dimulai dengan, yang pada awalnya tokoh bernama Mitsuha Miyamizu seorang siswi sekolah menengah atas, yang bosan dengan kehidupannya di pedesaan.

Dia berharap dapat terlahir kembali menjadi seorang pemuda tampan yang hidup di Tokyo. Sedangkan Tachibana Taki, seorang pemuda sekolah atas yang tinggal di Tokyo dan bekerja sebagai pelayan di restoran cepat saji Italia.

Mereka mengalami fenomena, dimana jiwa mereka berpindah ketubuh lain. Tokoh Mitsuha mengalami perpindahan jiwa ke tubuh tokoh Taki, sedangkan jiwa tokoh Taki berpindah ke tubuh tokoh Mitsuha.

Pada awalnya mereka berdua berpikir bahwa pertukaran tubuh ini hanyalah mimpi yang bersifat realistis, tapi pada akhirnya mereka menyadari bahwa pertukaran tubuh ini bukan sekedar mimpi belaka.

Mereka pun mulai berinteraksi dengan meninggalkan catatan atau memo di handphone mereka. Pada saat Mitsuha di dalam tubuh Taki, dan melakukan pekerjaan part time terlihat bahwa tokoh Taki dan yang lainnya menyukai seorang tokoh Bernama Miki Okudera, yang merupakan teman kerja part time tokoh Taki.

Pada saat itu terjadi hal yang tidak terduga, dimana rok dari tokoh Miki robek, dan Taki atau Mitsuha yang berada di dalam tubuh Taki menjahit dan menambahkan desain yang cantik di rok Miki yang sobek tersebut.

Suatu hari ketika taki terbangun di tubuhnya sendiri, dia meneteskan air mata tapi tidak tau mengapa dia menangis. Taki melihat handphonenya dan menyadari bahwa Mitsuha telah mengatur kencan untuk Taki dan Miki. Taki pun pergi untuk kencan tersebut, dan ternyata kencannya tidak berjalan lancar karena Taki yang disukai Miki adalah Taki yang saat dirasuki Mitsuha.

Miki mengatakan kepada Taki bahwasanya dia awalnya merasa naksir kepada Taki, tetapi itu sudah berubah dan saat ini dia telah menyukai orang lain. Taki pun merasa ada yang janggal dan mencoba menghubungi Mitsuha, tetapi itu tidak bisa karena perbedaan waktu dan tempat.

Taki juga tidak mengetahui dan tidak mengingat dari mana Mitsuha berasal. Sejak saat itu, mereka tidak pernah lagi bertukar tubuh. Taki berusaha mencari Mitsuha, dia berusaha mengingat kembali bagaiman pemandangan desa Mitsuha dan mencari pada gambar wilayah.

Taki pun memutuskan untuk melakukan perjalanan mencari keberadaan Mitsuha. Tetapi tidak hanya Taki, Tsukasa (teman taki) dan Miki juga ingin ikut dalam perjalanan Taki.

Di sebuah restoran, Taki mendapatkan informasi mengenai desa Mitsuha tinggal namun sayangnya desa tersebut telah hancur oleh komet yang jatuh 3 tahun yang lalu. Taki akhirnya menyadari bahwa pertukaran tubuh yang dialaminya memiliki latar waktu yang berjarak selama 3 tahun.

Taki melihat handphonenya dan menyadari bahwa pesan-pesan yang ditinggali Mitsuha perlahan menghilang. Taki pun mencari informasi mengenai desa Mitsuha dan menemukan sebuah buku yang mencatat nama-nama korban dari komet, dan sayangnya nama Mitsuha ada didalam daftar korban tersebut.

Taki pun berjalan ke kuil yang muncul didalam ingatannya, dan menemukan sebuah kuil yang berisi sake. Meskipun ingatannya meninggalkan sake cuma baru beberapa hari, tapi sebenarnya itu sudah lewat 3 tahun. Taki pun meminum sake yang ditinggalkan Mitsuha tersebut.

Tidak hanya Taki, Mitsuha juga berusaha mencari Taki dimasa lalu dan Mitsuha melakukan perjalan ke Tokyo. Pada saat di kereta, namun karena perbedaan latar waktu yang pada saat itu Taki 3 tahun lebih muda, Mitsuha pun beranggapan bahwasanya ia ditolak oleh Taki, dan mereka pun berpisah karena keramaian orang di kereta.

Taki pun berusaha menggapai Mitsuha, tetapi sayangnya tidak bisa dan mereka berdua berteriak “Kimi No Namae Ha?”, Mitsuha pun memberikan sebuah tali merah ke Taki. Mitsuha (yang dirasuki Taki) yang berhasil selamat dari meteor pun mencari Taki di kuil, Taki (yang dirasuki Mitsuha) pun berusaha mencari Mitsuha kembali. Tetapi karena perbedaan latar waktu mereka tidak bisa bertemu.

Mereka pun mencoba berlari mengitari gunung, dan ketika mereka berpapasan, dan bel takdir seakan berbunyi, mereka pun mencoba mendekat dan keajaiban terjadi dimana mereka akhirnya bertemu, dan Taki yang berada di tubuh Mitsuha meninggalkan catatan di telapak tangan tubuh Mitsuha.

Mereka pun akhirnya berpisah dan kembali ke tubuh masing-masing. Ketika Mitsuha terbangun waktu pagi, dia melihat di tangannya tertulis “Aku mencintai mu”.

Banyak rintangan dan tantangan yang dihadapi kedua karakter tersebut untuk bertemu. Cinta bisa tumbuh diantara kedua karakter karena perjuangan mereka, dan kebersamaan waktu yang telah dihabiskan.

Walaupun banyak tantangan, rintangan dan perbedaan latar waktu dan tempat, itu tidak bisa memisahkan dan menghapuskan takdir pertemuan dan kisah cinta kedua tokoh tersebut.

Artikel ini telah dibaca 144 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Walikota Solok Narasumber Kampus Merdeka Fair 2024 Universitas PGRI Sumbar

30 May 2024 - 20:10 WIB

Wawako Solok Hadiri Wisuda ke IX Yayasan Inspirasi Madani

18 May 2024 - 20:45 WIB

Lahir dari Rahim Seorang Guru, Calon Bupati Solok Budi Satriadi Janjikan Kebangkitan Dunia Pendidikan dan Kesejahteraan Guru

8 May 2024 - 04:45 WIB

Wakafkan Diri, Ikut Pilkada Kabupaten Solok, Profesor Masri Mansoer Mendaftar ke Demokrat

6 May 2024 - 22:41 WIB

Peringati Hardiknas, Wawako Jadi Irup di SMPN 2 Kota Solok

2 May 2024 - 19:22 WIB

Hadiri Perpisahan Siswa SMKN 1 Kota Solok, Wawako Minta Siswa Jaga Nama Baik Sekolah

29 April 2024 - 19:29 WIB

Trending di News