Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 12 Feb 2023 WIB ·

Perguruan Silek se-Kota Solok Unjuk Ketangkasan di Kediaman Wawako


 Perguruan Silek se-Kota Solok Unjuk Ketangkasan di Kediaman Wawako Perbesar

SOLOK KOTA – Seluruh Perguruan Silek se-Kota Solok berkumpul di halaman kediaman Wakil Walikota (Wawako) Solok, Sabtu malam (11/02/2023).
Kegiatan ini merupakan rangkaian pembukaan dari Arisan Silek Tuo yang rutin dilakukan di Kota Solok.

Dengan iringan musik tradisional Minangkabau, para tuo-tuo silek hingga murid dari berbagai perguruan ikut meramaikan unjuk ketangkasan seni beladiri warisan nenek moyang yang selama ini mereka timba di perguruan masing-masing.

Pada kesempatan itu, Wawako Solok selaku tuan rumah sangat antusias dengan kegiatan ini. Baginya, pelestarian seni tradisi daerah memang menjadi tanggung jawab semua, dan merupakan bagian penting yang harus dijaga dan terus dilestarikan.

“Pertemuan silek seperti ini menjadi ajang untuk terus menggali potensi yang dimilki. Kegiatan perdana ini sebagai penanda, bahwa arisan atau silaturrahmi antar perguruan silek tuo di Kota Solok tahun 2023 ini dimulai,” kata Ramadhani Kirana Putra.

Disampaikannya, seni tradisi merupakan bagian dari identitas masyarakat Minang yang harus kita jaga dan lestarikan. Silek, khususnya harus senantiasa diwariskan kepada generasi muda, dan akan menjadi tempat untuk membentuk karakter yang baik.

“Pemerintah daerah tentunya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Daswippetra Datuak Manjinjiang Alam, Anggota DPRD Kota Solok Yoserizal dan Wazadly, Ketua KPU Sumatera Barat, Ketua KPU Kabupaten 50 Kota, Ketua KPU Kota Solok dan Ketua IPSI Kota Solok.

Mewakili DPRD Kota Solok, Yoserizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa DPRD akan terus memberikan dukungan, dan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan pelestarian adat budaya yang ada di Kota Solok, salah satunya melalui perguruan silek tuo ini.

Senada, Daswippetra Datuak Manjinjiang Alam juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2023 ini melalui Dinas Kebudayaan Sumbar, rencananya akan dilaksanakan Festival Silek tingkat regional dengan Kota Solok sebagai tuan rumah.

“Untuk tahun 2023 ini tercatat sudah ada penambahan dua perguruan silek tuo dari yang sebelumnya berjumlah 17 sasaran, saat ini menjadi 19 sasaran. Ini tentunya akan menjadi motivasi bagi anak-anak muda kita untuk kembali meramaikan sasaran-sasaran silek yang ada di Kota Solok,” sebutnya. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News