Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 21 Jul 2023 WIB ·

Masalah Bukit Cambai dan Alahan Panjang Resort, Masyarakat Demo ke DPRD Kabupaten Solok


 Masalah Bukit Cambai dan Alahan Panjang Resort, Masyarakat Demo ke DPRD Kabupaten Solok Perbesar

KABUPATEN SOLOK – Puluhan masyarakat Alahan Panjang dan Simpang Tanjuang Nan Ampek mendemo Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok, Jumat (21/07/2023).

Aksi demo tersebut sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Solok, yang dinilai tak mau menyelesaikan persoalan tanah ulayat yang sekarang dikuasai Pemda. Bahkan aksi mengungkapkan bahwa lahan itu ada yang telah menjadi milik pribadi dari anak Bupati Solok Epiyardi Asda, Ashila Haura Ardi.

Terkait Bukit Cambai, menurut aksi demo, sebelumnya masyarakat dan “Niniak Mamak” Simpang Tanjuang Nan Ampek hanya menyerahkan lahan tersebut ke Pemda Kabupaten Solok, untuk pengembangan Ekowisata berbasis ekonomi yang bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Namun setelah dibangun oleh Pemda Kabupaten Solok yang telah menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang lumayan besar, sekarang Wisata Bukit Cambai tersebut telah menjadi milik pribadi Bupati Solok, Epiyardi Asda.

Selain itu, aksi demo juga mengungkapkan bahwa dampak dari pembangunan Wisata Bukit Cambai tersebut berdampak pada perpecahan antara masyarakat, dan tokoh adat setempat.

Sementara itu, terkait lahan Alahan Panjang Resort, aksi demo juga meminta DPRD agar bisa secepatnya membantu menyelesaikan persoalan lahan yang dikuasai oleh Pemda Kabupaten Solok itu.

Saat menggelar aksi demo di depan Gedung DPRD Kabupaten Solok tersebut, peserta aksi demo juga mendesak Pemda agar mengembalikan tanah ulayat mereka, dan mengancam akan membawa massa yang lebih banyak untuk melakukan aksi serupa jika tuntutan tak dipenuhi.

Pantauan media ini, setelah melakukan orasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Solok, perwakilan aksi demo melakukan audiensi bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Solok di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Solok. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 280 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News