Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 11 Apr 2023 WIB ·

Maraknya Bank Keliling, Pemko Solok Carikan Solusi Terbaik


 Maraknya Bank Keliling, Pemko Solok Carikan Solusi Terbaik Perbesar

SOLOK KOTA – Kebutuhan ada kalanya datang secara tiba-tiba sehingga kita membutuhkan dana yang cepat untuk memenuhinya, misalnya saja kebutuhan dana untuk tindakan operasi kesehatan, biaya perbaikan kendaraan, biaya perbaikan rumah, pendidikan dan lain-lain.

Kondisi ini terkadang membuat masyarakat mengambil jalan pintas dengan meminjam kepada rentenir, dikarenakan proses yang mudah walaupun dengan resiko bunga tergolong tinggi. Kondisi ini juga terjadi dan disinyalir telah meresahkan bagi masyarakat luas khususnya dalam wilayah Kota Solok.

Menanggapi permasalahan tersebut, Walikota Solok Zul Elfian Umar bersama pihak terkait menggelar rapat pada Selasa (11/04/2023), yang bertempat di Ruang Kerja Walikota Solok.

Dalam rapat tersebut tampak hadir, Pimpinan Bank Nagari Cabang Solok Albert Junaidi, Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok Zaini, Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Kota Solok Zulferi, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Solok Refendi beserta OPD terkait.

Pemerintah Kota (Pemko) Solok berusaha mencari solusi terbaik bagi masyarakat Kota Solok yang terjerat oleh rentenir. Sebuah badan usaha yang dapat membantu masyarakat yang sedang menghadapi permasalahan ekonomi, merupakan solusi agar masyarakat tidak lagi bergantung kepada rentenir.

Saat ini pengusaha kecil sering menjadi sasaran rentenir sehingga mereka sulit tumbuh dan berkembang, untuk itulah Pemko Solok mengeluarkan regulasi untuk melindungi pelaku usaha kecil dari jeratan hutang rentenir.

Pelaku UMKM perlu mendapatkan pembinaan dan pengawalan sehingga bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Dalam hal ini pemerintah perlu mengutamakan produk UMKM. Kebutuhan konsumsi dan produksi Kota Solok diharapkan juga memakai produk UMKM

Pembinaan kepada masyarakat tentang bahayanya terjebak rentenir. Selain itu akan bernegosiasi pada rentenir agar bunga ditiadakan dan mengalihkan pembiayaan utang masyarakat ke koperasi dan lembaga keuangan resmi lainnya.

Sekarang ini Pemko telah memiliki program Baitul mal wat tamwil (BMT) merupakan satu organisasi usaha yang bersifat mandiri yang memiliki kegiatan untuk mengembangkan berbagai kegiatan usaha yang bersifat produktif dengan maksud untuk meningkatkan kualitas dari kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat kecil dan juga para pengusaha kecil.

Kegiatan yang sering dilakukan oleh BMT adalah mendorong agar masyarakat untuk menabung di BMT, serta juga membiayai kegiatan ekonomi yang lain.

“Dengan hadirnya pihak Bank dalam rapat ini, semoga dapat memberikan solusi yang terbaik namun tetap memperhatikan nilai Islami didalam penerapan Bank Kredit tersebut,” harap Zul Elfian. (Sy)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Tak Harus ke Kota Besar, Layanan Jantung Intervensi Non Bedah Sudah Bisa di RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 22:24 WIB

Tingkatkan Yankes Sumbar, Gubernur Mahyeldi Resmikan Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Solok

5 July 2024 - 16:32 WIB

Trending di News