Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

News · 11 Feb 2023 WIB ·

Lestarikan Budaya, Wawako Solok Hadiri Arisan Panggung Pidato Adat


 Lestarikan Budaya, Wawako Solok Hadiri Arisan Panggung Pidato Adat Perbesar

SOLOK KOTA – Panggung Pidato merupakan salah satu wadah untuk membentuk generasi yang mencintai adat, dan tradisi serta menjadi tempat dimana seluruh murid diajarkan untuk menerapkan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana bertutur, bertitah, dan berbicara di sebuah forum adat tetapi tetap menggunakan aturan atau ketentuan adat yang berlaku.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra saat menghadiri Panggung Pidato Adat pertama tahun 2023 di Banda Panduang Kelurahan Tanah Garam, Jumat (10/02/2023), menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya dari tokoh-tokoh adat dalam melestarikan budaya dan seni khususnya di Kota Solok.

“Panggung Pidato Adat ini harus terus dilestarikan dan diwariskan pada anak cucu kita. Tidak semua orang bisa berbicara dan berpidato adat, tapi kita tidak boleh berhenti mengajarkan pada anak kemenakan kita agar tradisi lisan ini tidak hilang,” kata Ramadhani Kirana Putra.

Disebutkannya, arisan Panggung Pidato ini menjadi upaya untuk terus menjalin silaturrahmi sehingga kita tidak mudah terpecah-belah, dan termakan hasutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Anggota DPRD Kota Solok, Yoserizal yang turut hadir pada kegiatan ini juga menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh dari DPRD Kota Solok dalam upaya pelestarian nilai adat dan budaya di Kota Solok.

“Tidak hanya panggung pidato, DPRD juga mendukung penuh kegiatan-kegiatan adat lain seperti sasaran silek dan kegiatan seni budaya lainnya,” ungkap Yoserizal.

Di tempat yang sama, Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman menyebutkan disamping memberikan tausiah juga menyampaikan harapan pada Pemko Solok melalui Dinas Pariwisata, agar terus menerus melakukan pembinaan pada generasi muda, supaya budaya Kota Solok tetap lestari.

“Kolaborasi antara Pemko Solok merupakan solusi dalam melestarikan budaya dan adat istiadat Kota Solok,” ucap Rusli Khatib Sulaiman. (Rd)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terjawab Sudah, Gerindra Dukung Ramadhani Kirana Putra dan Suriadi Nurdal

16 July 2024 - 14:47 WIB

Terendah se-Sumbar, 87.750 Warga Kabupaten Solok Tak Miliki Jaminan Kesehatan

16 July 2024 - 09:46 WIB

Rekom Gerindra untuk Pilkada Sumbar 2024 Terbit, Siapa yang Berbohong

12 July 2024 - 20:42 WIB

Tak Ada Baliho Wakil Bupati Solok, Masyarakat Menilai Tanda Gambar Emiko Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

10 July 2024 - 23:51 WIB

KPU Kabupaten Solok Gelar Rakor Jelang PSU Anggota DPD Provinsi Sumbar

6 July 2024 - 19:57 WIB

UHC Terendah, Gubernur Sumbar Harapkan Kabupaten Solok Bersinergi dengan Pemprov

5 July 2024 - 22:30 WIB

Trending di News